Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP)

·

·

USKP adalah singkatan dari Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak, merupakan salah satu mekanisme mendapat Sertifikat Konsultan Pajak dengan cara mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh KP3SKP sebagai satu-satunya pihak penyelenggara USKP di Indonesia.

Setiap konsultan pajak wajib memiliki Izin Praktik dan untuk mengajukan Izin Praktik tersebut diperlukan sertifikat yang salah satunya dapat diperoleh setelah Anda lulus USKP.

Tingkatan USKP

Terdapat tiga tingkat sertifkat yang diujikan pada USKP, diantaranya:

  • Sertifikat Konsultan Pajak Tingkat A,
  • Sertifikat Konsultan Pajak Tingkat B, dan
  • Sertifikat Konsultan Pajak Tingkat C.

USKP dilaksanakan dan harus diikuti secara bertahap atau berjenjang. Dimulai dari USKP A, kemudian USKP B, dan pada puncaknya adalah USKP C.

Informasi Terkait:

Sertifikat Konsultan Pajak

Terdapat 3 cara untuk memperoleh sertifikat konsultan pajak. Pertama, melalui pengakuan ijazah khusus dari jurusan dan perguruan tinggi yang ditentukan oleh PPSKP. Kedua, melalui USKP untuk umum minimal lulusan D3/DIV perpajakan dan akuntansi atau S1 dari jurusan apa saja. Terakhir, melalui kegiatan penyetaraan khusus bagi mantan pegawai DJP. Silahkan pelajari lebih lanjut pada postingan kami sebelumnya tentang Sertifikasi Konsultan Pajak dan Sertifikat Konsultan Pajak.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *